Sabtu, 12 Januari 2019

Cara Membuat Sambal Terasi Paling Mantap Dan Enak

Cara Membuat Sambal Terasi Paling Mantap - Hal yang terunik dari masyarakat Indonesia adalah orang-orangnya menyukai rasa pedas terutama pada sambal, entah itu sambal terasi, sambal ijo, sambal goreng atau jenis sambal lainnya. Masyarakat di Indonesia sebagian besar menyukai makanan yang pedas, terutama sambal yang bisa dicocol dengan gorengan, ayam goreng atau goreng-gorengan lainnya. Sambal memang menjadi salah satu penyedap makanan agar terasa lebih pedas dan dapat membuat orang yang mencobanya merasa ketagihan dan bertambah keinginan untuk menambah makanan.
Banyak jenis sambal yang beredar di Indonesia, mulai dari sambal terasi yang khas dengan harum terasi, sambal ijo yang dibuat dari cabai hijau, sambal goreng yang bahan-bahannya digoreng agar lebih matang, atau saus sambal. Namun kurang pas rasanya jika sambal yang dicoba tidak terasa pedas dan menantang. Untuk anda penyuka rasa pedas, tidak ada salahnya membuat sambal terasi sendiri dirumah sehingga dapat diracik sesuai dengan keinginan anda. Sebab kini sudah banyak informasi Cara Membuat Sambal yang bisa dilihat dari buku-buku resep makanan hingga media internet. Cara membuat sambal terasi sendiri dirumah dapat dipraktekkan dengan mudah sesuai dengan langkah-langkah yang telah tersedia.
Jika anda ingin membuat sambal terasi, usahakan agar terasi yang digunakan sudah di bakar atau digoreng terlebih dahulu. Cara membuat sambal terasi cukup mudah dan bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai cara membuat sambal terasi paling mantap yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah, seperti berikut:

Bahan-bahan Membuat Sambal Terasi:
  • 10 buah cabai merah ukuran besar
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdm terasi matang
  • 1-2 sdt garam
  • Gula jawa secukupnya
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai, geprek
  • 3 iris lengkuas, geprek
  • 5 sdm minyak goreng
Cara Membuat Sambal Terasi:
  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan terasi. Ulek atau blender bahan-bahan tersebut hingga rata dan halus.
  2. Panaskan minyak goreng, masukkan tomat yang sudah di iris tipis biarkan agak matang, kemudian masukan bumbu halus, garam, gula jawa dan bahan lainnya. Aduk hingga rata.
  3. Tumis semua bahan dengan api sedang hingga tercampur dan benar-benar matang.
  4. Setelah matang sambal yang sudah jadi dapat langsung disajikan ke dalam mangkuk untuk sambal.
Langkah Cara Membuat Sambal Terasi seperti diatas tentu sangat mudah untuk di praktekkan sendiri dirumah dan bisa anda kreasikan sesuai dengan keinginan anda, dan jumlah cabai sesuai dengan keinginan anda. Semoga kumpulan resep masakan serba pedas diatas dapat bermanfaat khususnya yang doyan cabai. Dengan membuat sambal terasi sendiri dirumah bisa lebih terjamin kebersihan dan tanpa bahan pengawet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar